Selasa

Kimia Sintesis Organik GUGUS PELINDUNG

           Halooha, saya kembali ingin membagikan ilmu yang baru saja saya terima dari dosen saya. Kali ini saya akan mencoba menuliskan sebuah catatan mengenai gugus pelindung dari kajian kimia sintesis organik. Semoga para pembaca berkenan untuk mengikuti dari awal yah, dan semoga juga bisa memahaminya. Kalau ada yang masih bingung, kita boleh berdiskusi di dikolom komentar ya..
          Mari kita mulai dengan, apa ituuu gugus pelindung?

☺✋👀✔          Gugus pelindung adalah ... *%#$@*

Hehe... Teman-teman jangan bingung gt dong, nah secara singkatnya gugus fungsi itu adlah suatu gugus fungsi yang digunakan untuk melindungi gugus tertentu supaya tidak turut bereaksi dengan pereaksi atau pelarut selama proses sintesis.

         Nah, menurut Firdaus (2012) dalam reaksi kimia organik banyak melibatkan penataan ulang ikatan-ikatan reaktan yang digunakan secara luas. Apabila kita menginginkan produk yang tidak mengalami penata ulangan pada salah satu ikatan kimia yang berasal dari reaktan yang mengalami reaksi sedemikian rupa, maka gugus pelindunglah yang berperan penting didalam reaksi tersebut. 


            Berdasarkan gambar diatas dapat kita pahami dengan jelas bahwa reaksi gugus pelindung TsOH pada gugus karbonil di C5 menunjukkan bahwa gugus pelindung berhasil mempertahankan gugus karbonil supaya tidak mengalami reaksi reduksi menjadi gugus alkohol atau terjadi reaksi oksidasi pada gugus karbonil tersebut. Dalam sintesis, material targetnya itu perlu dihindari  dari reaksi yang tidak tepat supaya tidak menjadi senyawa lain. 


         Sebenarnya, suatu gugus fungsi memiliki kemampuan dasar secara alamiah untuk melindungi diri untuk berkonformasi (Memiliki energi untuk berkonformasi pada gugus fungsinya) dalam aktivitasnya, reagen memiliki sifat yang selektif. Jika pada kenyataannya reagen tersebut tidak selektif barulah dibutuhkan gugus pelindung untuk melindunginya.

       Oleh sebab itu, perlu kita mengenal dan memahami gugus pelindung ini. Syarat suatu gugus fungsi dapat dijadikan sebagai sebuah gugus pelindung dalam reaksi sintesis kimia organik adalah :

1. Mudah dimasukan dan dihilangkan.
2. Tahan terhadap reagen yang akan menyerang gugus fungsional yang tidak 
    terlindungi.
3. Stabil dan hanya bereaksi dengan pereaksi khusus untuk mengembalikan  
    gugus fungsi aslinya.
4. Gugus pelindung seharusnya tidak mengganggu reaksi yang dilakukan 
    sebelum dihapus.
5. Gugus pelindung tidak memiliki gugus fungsi lain yang dapat bereaksi dengan
    reagen/ malah jadi mengganggu jalannya reaksi.

     Pada sebuah molekul yang memiliki dua gugus fungsi yang berbeda kereaktifannya, maka gugus yang lebih reaktif dapat langsung direaksikan terlebih dahulu. Apabila diinginkan yang berekasi adalah gugus yang kurang reaktif dari dua gugus fungsional yang berbeda, atau apabila produk pertama dari suatu reaksi mempunyai satu gugus fungsional yang sama atau lebih reaktif dibandingkan bahan awal, maka gugus yang lebih reaktif harus dilindungi dengan gugus pelindung.

       Berikut ini adalah tabel gugus pelindung yang biasa digunakan dalam melindungi proton dari gugus fungsi amin primer dan sekunder. Proton dalam keadaan basa cenderung lebih mudah untuk melepaskan diri, maka perlu dilakukan sebuah kondisi perlindungan agar proton tidak mudah digantikan oleh senyawa logam.


       Selain tabel diatas gugus amina dapat juga diproteksi dengan gugus pelindung benzyl (Bn), gugus pelindung benzyl dapat direaksikan dengan suatu amina primer dengan cara mereaksikan suatu metil-phenil dalam pelarut NaOEt dengan Et3N sebagai katalis.
Nah, untuk penghilangan gugus pelindung dapat mengalami proses sebagai berikut:

1              1.        Solvolisis dasar penguraian oleh pelarut
      Contoh : Hidrolisis,  Alkoholisis
2.        Hidrogenolisis
3.        Logam berat
4.        Ion fluoride
5.        Fotolitik
6.        Asam / basa
7.        Elektrolisis
8.        Eliminasi reduktif
9.        β-eliminasi
10.    Oksidasi     
11.    Substitusi nukleofilik
12.    Katalisis logam transisi
13.    Enzim

              Demikianlah yang dapat saya tuliskan pada blog kali ini.
                 semoga bermanfaat.☺

24 komentar:

  1. Apa perbedaan antara gugus diol dan tiol dalam mekanisme reaksi pada gugus pelindung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih untuk pertanyaannya, yang saya pahami mengenai gugus diol dan tiol adalah gugus pelindung ini dapat dipakai untuk melindungi gugus keton saat proses sintesis agar tidak bereaksi menjadi lebih lanjut. nah mengenai perbedaan dari gugus tiol dan diol ini yang saya pahami adalah
      1. adanya atom Sulfur yang berikatan dengan atom hidrogen Sebagai analog sulfur dari gugus alkohol (-OH), gugus ini dirujuk baik sebagai gugus tiol ataupun gugus sulfhidril.
      2. gugus pelindung diol biasa digunakan untuk melindungi gugus fungsi alkohol dengan atom penyusun yaitu Oksigen dan Hidrogen pada rantai ujungnya.

      Hapus
  2. Bisakah tolong dijelaskan contohnya penghilangan gugus fungsi dengan fotolitik. Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas pertanyaannya
      yang saya pahami mengenai penghilangan gugus pelindung dengan fotolitik adalah memungkinkan pelindungan pada gugus hidrokarbon, nah apabila terjadi perlindungan pada gugus tersebut, intermediet pelindung harus segera di lisis oleh cahaya untuk membentuk produk sesuai molekul target dalam sintesisnya.

      Hapus
  3. bisakah anda jelaskan tentang Eliminasi reduktif itu apa? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas pertanyaannya. saya akan mencoba menjawab sesuai dengan apa yang saya pahami bahwa Metode elektrolit dan dibantu fotolisis penting dalam metode untuk menghilangkan gugus pelindung dimana pada reaksi ini, akan terjadi penghilangan gugus pelindung pada proses akhir melalui eliminasi gugus pelindung dalam tersebut jadi eliminasi reduktif terjadi apabila elektrolit dan fotolisis terjadi.

      Hapus
  4. Mohon detail penjelasan terkait penghilangan gugus pelindung..

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. gugus pelindung adalah suatu senyawa yang bertugas melindungi suatu gugus fungsi agar tidak bereaksi dengan reagen krn nilai kelektronegatifannya sudah diubah krn gugus pelindung tersebut.

      Hapus
  5. Selamat malam, saya ingin bertanya bagaimana caranya apabila kita ingin menlindungi gugus fungsi yang spesifik. misalnya ada 1,2-dihidroksi toluen, bagaimana jika kita hanya ingin melindungi gugus OH pada posisi metanya tanpa melindungi gugus hidroksi pada posisi ortonya? mohon penjelasannya. terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti yang sudah dijelaskan oleh dosen kita bahwa dengan reaksi spesifik contohnya reaksi penataan ulang claisein kita bisa menggunakan gugus pelindung contohnya boraks supaya gugus hidroksi pada posisi orto terlindungi.

      Hapus
  6. apakah ada pengaruh penambahan gugus pelindung pada reaksi sintesis?? Bagaimana pengaruhnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bisa berpengaruh pada reaksi yang berlangsung pada sintesis tersebut, tergantung kepada material target yang dituju.

      Hapus
  7. bagaimana cara melindungi molekul yang mengandung beberapa gugus fungsional yang mirip, serta berikan contoh. terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas pertanyaannya, menurut saya gugus pelindung dapat melindungi gugus fungsional yang mirip seperti contoh jika dalam suatu cincin aromatis ada subtituen OH pada posisi meta maka diperlukan 2 Mol eq gugus pelindung jika ingin melindungi gugus subtituen pada senyawa benzen tersebut.

      Hapus
  8. gugus apa saja yang dapat dilindungi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas pertanyaannya, menurut saya gugus yang dapat dilindungi adalahh gugus hidroksi, gugus metil dan gugus fungsi yang lain supaya tidak terjadi reaksi sesuai dengan material start yang dituju.

      Hapus
  9. jelaskan contoh penghilangan gugus fungsi melalui proses enzimatis ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam proses enzimatis substituen apa dr kerangka enzim tersebut yang dilindungi oleh senyawa gugus pelindung demikiannlah yang saya pahami.

      Hapus
  10. Apakah gugus pelindung dapat terlihat di FTIR?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas pertanyaannya, menurut saya hal itu tidak bisa karna dalam sintesis material target yang dianalisa pasti yg tercapai lalu perlu kita ingat mengenai deproteksi pada gugus fungsinya sehingga gugus pelindung dapat lepas dan gugus yang dilindungi tadi dapat seperti sediakala.

      Hapus
  11. apakah gugus pelindung hanya dapat melingdungi gugus fungsi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya ia, karna memang tugasnya seperti itu jika dibutuhkan pada suatu reaksi.

      Hapus
  12. menentukan dia gugus pelindung bgaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari aktivitasnya yang tidak bereaksi pada proses sintesisnya

      Hapus