Selasa

TOTAL SINTESIS SENYAWA HOMOGERANYLBENZENE

Total sintesis yang sudah menjadi bagian dari perkembangan ilmu pengetahuan dibidang sintesis senyawa organik tidak terlepas dari peran peneliti terdahulu. Total sintesis pertama senyawa organik dilakukan pada abad 19 oleh Kolbe dengan berawal dari karbon dan sulfur, yang diperlihatkan pada gambar berikut:



Total sintesis adalah Sebuah sintesis total pada sintesis kimia lengkap senyawa kimia organik yang komplek dari molekul yang simpel (sederhana), yang tersedia secara komersial atau perkusor alami.

Sintesis organik adalah pembangun dari senyawa organik kompleks dengan bahan awal senyawa sederhana oleh serangkaian reaksi kimia. Senyawa yang di sintesis (hasil sintesis) di alam disebut produk alami.  dilakukan sintesis ini tentu para peneliti mengharapkan memperoleh suatu senyawa dengan mudah dan efektif.
Bahan alam terhalogenasi merupakan salah satu kelas dari metabolit sekunder yang dapat berfungsi untuk menginspirasi metode sintesis senyawa kimia. Meskipun mesin enzimatik alami mampu memasukkan atom halogen ke kerangka organik secara efisien, dengan adanya metode halogenasi pada senyawa bahan alam menjawab semua kendala mengenai penyisipan unsur halogen pada kerangka senyawa bahan alam yang kemudian memberikan nilai tambah efektivitas dalam kinerja senyawa tersebut.
Dalam total sintesis peranan katalis sangatlah penting, dimana hal yang harus diperhatikan saat sintesis senyawa selain prekusor utama mudah dan murah untuk didapat, jalur reaksi yang singkat untuk menghasilkan rendemen yang besar juga sangat penting untuk dipertimbangkan.

BDSB (BromoDiethylSulfonium Bromopentachloroantimonate) adalah salah satu solusi untuk meningkatkan produksi rendemen dari sintesis yang didasarkan pada penyisipan atom Br pada kerangka senyawa yang disintesis.




Mereaksikan Br2, Me2S, and SbCl5 in CH2Cl2 dalam reaksi homogenisasi dilanjutkan dengan filtrasi dan rekristalisasi padatan kuning yang diperoleh adalah cara dalam membuat BDSB.





Garam BSBD dengan kode 17 dan 18 memiliki sifat mudah larut pada pelarut organik. BSBD juga bersifat stabil pada keadaan atmosfer. Penggunaan BSBD diketahui dapat mengoptimasi mekanisme sintesis jika dalam reaksinya, senyawa ini apabila direaksikan dalam kondisi suhu dan pelarut yang tepat maka dapat memberikan peningkatan terhadap hasil rendemennya dalam reaksi poliene cyclization. 


Berdasarkan mekanisme sintesis diatas, dapat dipahami bahwa prekusor utama ialah senyawa bahan alam turunan monoterpen dalam support katalis BSBD pada reaksi benzaldehid asetal cyclic.

bromonium-diinduksi siklisasi menghasilkan asam sebagai hasil sampingan dari penutupan cincin akhir oleh Friedel-Crafts siklisasi (20 → 2); sejak Et2S adalah lebih mendasar dari SbX6-, dapat dipahami bahwa  asam (by Product) membentuk diethylsufide terprotonasi Sayangnya, tampak bahwa asam ini cukup kuat untuk memulai poliena siklisasi proton-diinduksi dari setiap material yang tersisa, sehingga dalam jumlah kecil tapi signifikan pembentukan siklik pada kerangka hasil reaksi Fiedel-crafts n untuk menekan ini tidak diinginkan jalur proton-siklisasi,  kemudian bereaksi dengan BDSB.
Pada akhirnya, ditetapkan bahwa asalkan reaksi dimulai dengan penambahan katalis BDSB pada keadaan dingin pada substartnya dapat dengan cepat menghalangi proton siklisasi dengan tidak membiarkan produk sampingan terbentuk sehingga rendemen yang dihasilkan dapat lebih besar. 








27 komentar:

  1. Mengapa BSBD (Bromodietilsulfonium Bromopentanakloroantimonate dapat mempengaruhi hasil rendemen ang di peroleh ya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimksh atas pertanyaannya, yang saya pahami apabila reagen BSBD ini digunakan dalam reaksi sintesis si BSBD ini akan segera bereaksi dengan substrat sehingga menghalangi pembentukan proton saat siklisasi, si proton tadilah yang jika terbentuk akan menjadi by product sintesis ini (senyawa asam), karena hal tersebut maka perolehan rendemen yang dihasilkan akan lebih besar.

      Hapus
  2. Bagaimana pengaruh keelektronegatifan terhadap reaksi halogenasi sintesis total bahan alam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimksh atas pertanyaannya, menurut yang saya pahami sejauh ini kelektronegatifan berpengaruh dalam reaksi halogenasi sintesis total bahan alam, namun yang perlu di ingat bahwa dalam reaksi grignard adanya muatan Br(+) dapat menyisipkan unsur halogen Br tersebut dalam kerangka senyawa bahan alam yang disintesis, cara mengatasinya mungkin dengan menggunakan reagen dalam polar dan gugus pelindung.

      Hapus
  3. Saya ingin bertanya. Apakah dalam mensintesis senyawa organik yang terhalogenasi oleh unsur halogen yang memiliki sifat radioaktif (seperti Astatin (At) atau Uus) memiliki cara tersendiri untuk mensintesisnya? Jika saudara punya referensi tolong kirimkan ke email saya ya firdausjuanda@outlook.com. Mohon bantuannya. Ini penting untuk disertasi saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan saya memiliki buku yang sesuai dengan kajian bapak, dan sudah saya kirimkan dalam bentuk soft file di email bapak, mohon untuk di cek, mudah-mudahan sesuai dengan yang bapak butuhkan. terimakasih.

      Hapus
  4. Pada suatu sintesis senyawa, apa peran BDSB selain menambah rendemen.. kemudian apakah pada kondisi tertentu BDSB dapat menurunkan persen hasil sintesis ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimksh atas pertanyaannya, yang saya pahami apabila reagen BSBD ini digunakan dalam reaksi sintesis si BSBD ini akan segera bereaksi dengan substrat sehingga menghalangi pembentukan proton saat siklisasi, si proton tadilah yang jika terbentuk akan menjadi by product sintesis ini (senyawa asam), karena hal tersebut maka perolehan rendemen yang dihasilkan akan lebih besar.
      yang terjadi jika BDSB digunakan tidak dalam kondisi yang sesuai bisa menjadi penurunan rendemen. kondisi yang sesuai itu seperti BSBD dalam keadaan dingin supaya dapat langsung berinteraksi dengan substratnya

      Hapus
  5. Apakah ada senyawa lain yang memiliki peranan sama dengan BDSB yang mampu meningkatkan hasil rendemen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja masih banyak reagen yang dapat digunakan secara tepat untuk meningkatkan rendemen dari sintesis yang kita lakukan, jadi saudara tidak perlu khawatir apabila hendak melakukan sintesis bisa dengan reagen TBCO, NBS, SnBr4 dsb. disesuaikan dengan reaksi sintesis yang akan dilakukan ya. trimksh

      Hapus
  6. trimksh atas pertanyaannya, yang saya pahami apabila reagen BSBD ini digunakan dalam reaksi sintesis si BSBD ini akan segera bereaksi dengan substrat sehingga menghalangi pembentukan proton saat siklisasi, si proton tadilah yang jika terbentuk akan menjadi by product sintesis ini (senyawa asam), karena hal tersebut maka perolehan rendemen yang dihasilkan akan lebih besar.
    yang terjadi jika BDSB digunakan tidak dalam kondisi yang sesuai bisa menjadi penurunan rendemen. kondisi yang sesuai itu seperti BSBD dalam keadaan dingin supaya dapat langsung berinteraksi dengan substratnya.

    BalasHapus
  7. Bagaimana kondisi pada reaksi sintesia senyawa poliene cyclization.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kondisi BSBD dalam keadaan yang dingin, diharapkan dengan pelarut air yang juga terkandung dalam jumlah sedikit semakin mendorong percepatan reaksi substrat dengan reagen dalam membentuk material target dengan rendemen yang tinggi. trimksh

      Hapus
  8. Bagaimana cara menentukan reagent yang sesuai dalam setiap kali sintesis senyawa Natural products?

    BalasHapus
    Balasan
    1. penentuannya harus dengan tepat dan akurat rendemen yng terbentuk besar, dengan melihat prekusor utama bersifat polar atau nonpolar kemudian reagen harus sesuai supaya tidak salah dalam pembentukan material targetnya. trimksh

      Hapus
  9. Kenapa ya harus dilakukan total sintesis? Pengaruhnya apa jika tidak dilakukan total sintesis pada senyawa yg akan disintesis tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas pertanyaannya, menurut saya karna total sintesis merupakan jalur sintesis yang berkonsep secara keseluruhan serta menerapkan aspek efisiensi dan ekonomis dalam hal tersebut pengaruhnya kepada nilai dari material target tersebut jika semakin mudah prosesnya dan menghasilkan jumlah yang banyak dengan minimum biaya maka hal tersebut dapat meningkatkan nilai dari senyawa tersebut.

      Hapus
  10. Apa pentingnya melakukan sintesis total senyawa organik? Mohon dijelaskan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas pertanyaannya, menurut saya hal ini sangat penting karna mengingat kebutuhan dari suatu senyawa dapat menjadikan manfaat yang signifikan jg nah jika mengharapkan hanya dari keberadaannya dialam maka hal ini akan menyulitkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut sehingga diharapkan dapat menjadi solusi melalui total sintesis tersebut.

      Hapus
  11. bagaimana cara kita menentukan senyawa tersebut yang ada di laboratorium atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas pertanyaannya, menurut saya caranya adalah dengan meninjau secara langsung serta semakin baik jika ada tersedia daftarnya.

      Hapus
  12. Me2S dan SbCl5 apakah fungsinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereaksikan Br2, Me2S, and SbCl5 in CH2Cl2 dalam reaksi homogenisasi dilanjutkan dengan filtrasi dan rekristalisasi padatan kuning yang diperoleh adalah cara dalam membuat BDSB. sehingga dapat diperoleh kristlanya dengan yield yang tinggi.

      Hapus
  13. kenapa senyawa HOMOGERANYLBENZENE ini perlu disintesis ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya, senyawa ini perlu disintesis karna memiliki sifat aromatis yang menenangkan sehingga dapat menjadi senyawa aromaterapi.

      Hapus
  14. penyisipan atom Br pada BDSB gunanya untuk apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggunaan BSBD diketahui dapat mengoptimasi mekanisme sintesis jika dalam reaksinya, senyawa ini apabila direaksikan dalam kondisi suhu dan pelarut yang tepat maka dapat memberikan peningkatan terhadap hasil rendemennya dalam reaksi poliene cyclization.

      Hapus